Soal Bahasa Indonesia kelas 5 semseter 1 Menanggapi Penjelasan Nara Sumber

Uji Kompetensi 1

A.     Berilah tanda silang pada jawaban yang benar!

 

Bacaan untuk soal nomor 1 dan 7

Sebelum virus flu burung memakan banyak korban, seorang pedagang di Pasar Barito mendapat 'gang Rp30.000,00—Rp50.000,00 sehari. Jumlah orang yang membeli ayam potong pun berkurang separuhnya. Jika keadaan ini berlangsung terus, para peternak akan bangkrut dan menambah pengangguran di ibu kota Jakarta.

Semoga pemerintah cepat menyelesaikan masalah ini. Pemerintah dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat agar tidak khawatir membeli burung hias dan mengonsumsi daging ayam.

1.      Apa akibat bagi pedagang jika wabah flu burung berlangsung terus?

a.       Pedagang akan dijauhi oleh masyarakat.

b.      Jumlah pembeli meningkat.

c.       Pedagang akan bangkrut dan pengangguran bertambah.

d.      Lokasi dagang mereka akan ditutup.

2.      Siapa yang merasa dirugikan akibat wabah flu burung?

a.       Peternak burung hias.

b.      Masyarakat yang mengonsumsi ayam potong.

c.       Pemerintah dan masyarakat.

d.      Peternak ayam potong dan pedagang burung hias.

3.      Bagaimana keadaan pedagang burung hias di Pasar Barito?

a.       Semua pedagang burung hias beralih berdagang ayam potong.

b.      Mereka takut mengonsumsi daging ayam.

c.       Mereka mengeluh karena tidak ada seekor burung pun terjual.

d.      Mereka takut terhadap flu burung karena mematikan.

4.      Mengapa para pedagang meminta pemerintah cepat memberikan penjelasan kepada masyarakat?

a.       Agar masyarakat ikut membantu kelancaran usaha para pedagang.

b.      Agar masyarakat tidak khawatir membeli burung hias dan mengonsumsi daging ayam.

c.       Agar wabah flu burung dapat ditanggulangi bersama.

d.      Agar masyarakat tetap menjual ayam potong dan burung hias.

5.      Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf pertama adalah . . .

a.       Bagaimana cara mengatasi wabah flu burung?

b.      Apa dampak flu burung bagi para peternak ayam potong dan pedagang burung hias?

c.       Apa yang dilakukan para peternak ayam potong dan pedagang burung hias untuk mengatasi flu burung?

d.      Siapa yang bertindak dalam mengatasi wabah flu burung?

6.      Ide pokok pada paragraf pertama adalah

a.       Wabah flu burung merugikan peternak ayam dan pedagang burung hias.

b.      Sudah seminggu ini tidak ada satu ekor burung pun yang laku terjual.

c.       Para pedagang mulai gelisah dan khawatir.

d.      Pernyataan pedagang tersiar ke pedagang unggas lainnya.

7.      Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah...

a.       Virus flu burung sangat berbahaya bagi manusia.

b.      Wabah flu burung tidak memengaruhi tenaga kerja di Jakarta.

c.       Flu burung mengakibatkan pembeli ayam potong berkurang.

d.      Wabah flu burung tidak memengaruhi sektor perdagangan.

 

Bacaan untuk nomor 8-14

Manfaat Hari Bumi

Manfaat masyarakat memadamkan listrik satu jam pada tanggal 27 Maret 2011 terkait hari Bumi cukup besar. "Hal ini sesuai dengan tujuan PLN yaitu pasokan listrik Jawa—Bali turun 600 Mega Watt (MW)," kata Bambang Dwiyanto.

Dikatakan, beban puncak listrik Jawa—Bali saat berlangsung hari Bumi pada Sabtu malam menurun dari 15.850 MW menjadi 15.250 MW. Hal ini akan menjadi program lanjutan pada masa yang akan datang. Namun, tidak disebutkan secara terperinci nilai minimal yang diperoleh PLN. Akan tetapi, dapat diduga bahwa tanggapan dan sikap masyarakat sangat positif.

Selain itu, menurut Bambang, pemadaman listrik satu jam bagi masyarakat Jakarta bisa menghemat 250 MW dari target 300 MW untuk area distribusi Jakarta—Tangerang. Meski begitu, PLN merasa terbantu dengan adanya kesadaran masyarakat yang secara ikhlas memadamkan listrik selama satu jam. Dengan demikian, masyarakat menyadari bahwa menghemat listrik itu sangat penting.

 

8.      Apa tujuan utama PLN pada acara hari Bumi?

a.       Menurunkan pasokan listrik di Pulau Jawa-Bali.

b.      Mengajak masyarakat mematikan listrik satu jam.

c.       Menekan pasokan listrik area Jakarta-Tangerang.

d.      Agar masyarakat Jakarta menghemat listrik.

9.      Siapa yang menanggapi positif berkaitan dengan pemadaman listrik selama satu jam?

a.       Pemerintah.                 c. Bambang Dwiyanto.

b.      Masyarakat.                 d. Rakyat.

 

10.  Bagaimana tanggapan masyarakat berkaitan dengan pemadaman listrik satu jam?

a.       Menyambut positif.

b.      Sangat menggembirakan.

c.       Belum menyadari.

d.      Kurang mendukung.

11.  Mengapa PLN merasa terbantu oleh masyarakat?

a.       Karena PLN memperoleh keuntungan dari masyarakat.

b.      Karena pasokan listrik di Jawa dan Bali turun.

c.       Karena masyarakat ikhlas memadamkan lampu selama satu jam.

d.      Karena pasokan listrik turun 600 MW.

12.  Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ketiga adalah...

a.       Apa manfaat menghemat listrik?

b.      Apa dampak pemadaman listrik selama satu jam bagi masyarakat Jakarta?

c.       Kapan warga Jakarta memadamkan listrik selama satu jam?

d.      Mengapa hanya masyarakat Jakarta yang diwajibkan memadamkan listrik?

13.  Ide pokok pada paragraf kedua adalah . .

a.       Beban puncak listrik Jawa—Bali saat berlangsung hari Bumi menurun.

b.      Penurunan beban listrik akan menjadi program lanjutan pada masa yang akan datang.

c.       Tidak disebutkan secara terperinci nilai minimal yang diperoleh PLN.

d.      Tanggapan dan sikap masyarakat sangat positif.

14.  Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf pertama adalah . .

a.       Pemadaman listrik selama satu jam sangat merugikan masyarakat.

b.      PLN menargetkan pasokan listrik di Jawa turun 600 Mega Watt.

c.       Seluruh warga masyarakat diwajibkan memadamkan listrik selama satu jam.

d.      Pemadaman listrik selama satu jam pada hari Bumi memberi manfaat cukup besar.

 

Bacaan untuk nomor 15-18

Semua Anak Usia Sekolah Tertampung

Penerimaan Siswa Baru (PSB) baru akan dimulai pertengahan Juni. Namun, Dinas Pendidikan sudah mempersiapkan infrastruktur, di antaranya membangun gedung sekolah dan ruang kelas baru. Tujuannya supaya kekurangan daya tampung sekolah negeri yang terjadi setiap tahun bisa diatasi.

Sebagai nakhoda Dinas Pendidikan, Muslim Bidin, bersama jajarannya sibuk mempersiapkan PSB tahun pelajaran 2011/2012. Berbeda dengan tahun sebelumnya, beliau optimis semua anak usia sekolah di Batam tertampung pada tahun 2011.

Strategi yang digunakan salah satunya adalah meningkatkan kualitas guru di Batam. Caranya dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peningkatan Kualifikasi Tenaga Pendidik.

Sumber: Batam Pos, Minggu, 6 Februari 2011

15.  Apa kepanjangan PSB?

a.       Penerimaan Siswa Berprestasi.

b.      Penerimaan Siswa Berpotensi.

c.       Penerimaan Siswa Batam.

d.      Penerimaan Siswa Baru.

16.  Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf pertama adalah

a.       Mengapa Dinas Pendidikan mempersiapkan infrastruktur?

b.      Bagaimana proses membangun gedung sekolah dan ruang kelas baru?

c.       Siapa yang memberi pelatihan kepada para guru?

d.      Kapan diadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peningkatan Kualifikasi Tenaga Pendidik?

17.  Ide pokok paragraf kedua adalah .

a.       Muslim Bidin adalah nakhoda Dinas Pendidikan.

b.      Kesibukan Muslim Bidin bersama jajarannya mempersiapkan PSB tahun pelajaran 2011/ 2012.

c.       Semua anak usia sekolah di Batam tertampung pada tahun 2011.

d.      Muslim Bidin pesimis bahwa anak usia sekolah di Batam tidak tertampung pada tahun 2011.

18.  Kalimat yang sesuai dengan paragraf pertama adalah . .

a.       Pembangunan gedung sekolah dan kelas baru dilakukan setiap tahun.

b.      Daya tampung sekolah negeri tidak dapat diatasi.

c.       Sebelum Penerimaan Siswa Baru Dinas Pendidikan sudah mempersiapkan infrastruktur.   

d.      Setiap tahun Dinas Pendidikan menghadapi masalah Penerimaan Siswa Baru.

 

Bacaan untuk nomor 19-22

Mengharumkan Sekolah

Setiap hari Jumat sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat pada Minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.

Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan agar para guru dan siswa lebih kerasan dan kegiatan belajar di kelas berlangsung lancar. Oleh karena itu, baik para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan keharuman sekolah.

Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan ruang kelas. lni menjadi tanggung jawab para penghuni kelas. Setelah kelas disapu dan dipel, meja dan kursi ditata. Selanjutnya, kelas dan ruang diberi pengharum ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.

Sumber: K. Darmadi, 2007

19.  Siapa yang bertanggung jawab mengharumkan ruang kelas?

a.       Seluruh warga sekolah.

b.      Siswa kelas VI.

c.       Para penghuni kelas.

d.      Bapak dan ibu guru.

20.  Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf  ke-1 adalah...

a.       Apa yang diadakan sekolah setiap hari Jumat?

b.      Di mana pertama kali penghuni kelas melakukan kegiatan mengharumkan sekolah?

c.       Apa tujuan dilaksanakan kegiatan mengharumkan sekolah?

d.      Siapa yang bertanggung jawab atas kebersihan dan keharuman sekolah?

21.   Ide pokok paragraf ke-2 bacaan tersebut adalah

a.       Kegiatan Jumat bersih.

b.      Kegiatan belajar di sekolah.

c.       Tujuan kegiatan mengharumkan sekolah.

d.      Memulai gerakan mengharumkan sekolah.

22.  Kalimat berikut yang sesuai dengan paragraf ke-3 adalah . . .

a.       Setiap hari Jumat siswa-siswa diwajibkan membawa alat kebersihan.

b.      Guru dan siswa harus bertanggung jawab terhadap kebersihan sekolah.

c.       Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dari ruang kelas.

d.      Gerakan mengharumkan kelas menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah.

23.  Rangga mewakili sekolahnya mengikuti lomba baca puisi.

Tanggapan  yang  logis  untuk  kalimat tersebut ialah ....

a.       Dia anak yang berbakat.

b.      Ah, saya juga bisa menjadi juara.

c.       Tak  perlu  kecewa, masih  banyak kesempatan.

d.      Hebat  ya,  kapan  saya  bisa  seperti dia.

24.  Pak Sabar berpesan agar para siswa dapat berakhlak mulia dan suka membantu orang lain.

Kalimat tanggapan yang sesuai adalah ....

a.       Buat apa kita membantu orang lain, toh kita tidak pernah dibantu.

b.      Menurut saya, memang kita harus berusaha membantu orang lain semampu kita.

c.       Kita tidak perlu membantu orang lain karena bukan keluarga saya.

d.      Kita boleh membantu orang lain, tapi harus ada imbalannya.

25.  Butet Manurung mengajar anak-anak orang Rimba.

Kalimat tanggapan yang sesuai untuk kalimat tersebut adalah ....

a.       Butet Manurung berhati mulia.

b.      Butet Manurung menolak bersekolah.

c.       Butet Manurung ingin mengabdikan dirinya bagi masyarakat pedalaman.

d.      Butet Manurung tidak suka orang Rimba.

 

B.     Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat dan benar!

Bacaan untuk soal B dan C

Suku Asmat berada di Kepulauan Indonesia Timur, jauh di pedalaman Papua. Populasi suku Asmat saat ini mencapai 65.000 jiwa. Mereka mendiami daerah hutan rawa, tepatnya Pantai Selatan Papua. Sebagai komunitas yang tinggal di pinggiran sungai, mata pencaharian suku Asmat adalah menangkap ikan, berburu, dan mengumpulkan hasil hutan. Makanan pokok masyarakat suku Asmat adalah sagu dan talas yang berasal dari hutan-hutan.

Meskipun mereka orang Papua, kebudayaan mereka dipengaruhi oleh kebudayaan suku Aborigin dari Australia. Salah satu kebudayaan tersebut adalah kepercayaan tentang adanya kehidupan dan kematian. Menurut kepercayaan suku Asmat, kematian adalah sesuatu yang disebabkan oleh perbuatan musuh dengan menggunakan kekuatan gaib. Mereka tidak mengakui adanya peristiwa kematian yang disebabkan peristiwa alamiah, seperti kecelakaan, wabah penyakit, atau karena faktor usia. Dengan demikian, di kalangan suku Asmat sering terjadi peperangan dan perkelahian antarsuku.

Saat berperang masyarakat suku Asmat memiliki kebiasaan membuat patung kayu yang berbentuk ukiran manusia. Patung tersebut diletakkan di haluan perahu, dayung, dan perisai. Berkat ukirannya yang khas tersebut, kini suku Asmat mulai dikenal. Bahkan, karya patung dan ukirannya sering dikoleksi oleh masyarakat luas. Akan tetapi, kini nilai sakral yang terkandung dalam patung tersebut mulai hilang seiring berkurangnya kebiasaan suku Asmat dalam berperang. Kebiasaan tersebut sering diprotes karena bertentangan dengan hukum.

1.      Suku asmat berada di propinsi ....

2.      Mata pencaharian suku asmat adalah ....

3.      Makanan pokok suku asmat adalah ....

4.      Kebudayaan suku asmat dipengaruhi oleh kebudayaan suku ...

5.      Menurut kepercayaan suku Asmat, kematian adalah sesuatu yang disebabkan oleh ....

B.     Uraian

1.      Saat berperang masyarakat suku Asmat memiliki kebiasaan unik yaitu ....

2.      Mengapa kebiasaan berperang suku Asmat mendapat banyak protes dari berbagai pihak?

3.      Buatlah kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf pertama!

4.      Ide pokok paragraf ke-2 bacaan tersebut adalah.....

Ide pokok paragraf ke-3 bacaan tersebut adalah ....

No comments:

Post a Comment